Laman

Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2 - Tradisional diet rendah lemak telah diresepkan untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Sementara penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti kanker dan diabetes, tampak bahwa itu adalah jenis lemak yang penting bukan jumlah lemak. Kita sekarang tahu bahwa makanan yang kaya lemak tak jenuh tunggal seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian sebenarnya melindungi dari banyak penyakit kronis.
Minyak Zaitu Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sebuah penelitian di Spanyol baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa diet gaya Mediterania yang kaya minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe II oleh hampir 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak. Diabetes tipe II adalah bentuk paling umum dan dicegah dari diabetes. 

Individu yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dan memiliki sindrom metabolik berada pada risiko tertinggi untuk mengembangkan bentuk diabetes. Studi ini merupakan bagian dari PREDIMED , sebuah studi intervensi gizi jangka panjang bertujuan untuk menilai efektivitas diet Mediterania dalam pencegahan primer penyakit kardiovaskular, dan terdiri dari tim multidisiplin dari 16 kelompok tersebar di 7 komunitas otonom di Spanyol.

Penelitian ini melibatkan 418 peserta yang tidak memiliki diabetes. Setiap peserta secara acak ditunjuk untuk diet rendah lemak, diet Mediterania dengan minyak zaitun (sampai 1 liter seminggu) atau diet Mediterania dengan kacang (30 gram per hari). Setelah 4 tahun 17,9 persen dari individu-individu mengikuti diet rendah lemak dikembangkan diabetes, sementara hanya 10 persen dari peserta mengikuti Mediterania dengan diet minyak zaitun dikembangkan penyakit.

Ketika dua kelompok MedDiet (minyak dan kacang zaitun kelompok) dikumpulkan dan dibandingkan dengan kelompok rendah lemak, insiden diabetes berkurang 52 persen. Penting untuk dicatat bahwa pengurangan risiko diabetes adalah independen dari perubahan berat badan atau aktivitas fisik dan diet Mediterania yang diikuti tidak kalori dibatasi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa diet gaya Mediterania yang kaya minyak zaitun dapat mencegah munculnya diabetes tipe II dengan meningkatkan kadar gula darah, resistensi insulin dan kadar lipid darah.